MinioBox - OLX Indonesia dan Berniaga.com, Siapa yang tidak kenal dua situs besar jual beli online dan periklanan online Indonesia tersebut. Selama ini iklan mereka sering muncul di seluruh stasiun televisi di Indonesia, hingga serasa sudah menjadi tayangan wajib ditiap harinya. Namun tidak lama lagi kemungkinan besar Anda tidak akan melihat iklan yang serupa lagi dari kedua situs jual beli dan periklanan online tersebut. Pasalnya OLX Indonesia berencana bergabung dengan Berniaga.
Penyebabnya adalah induk perusahaan mereka yang selama ini saling bersaing dalam pengembangan periklanan baris online itu berencana fokus bekerja sama mendirikan sebuah usaha bersama pada platform iklan baris online tersebut. Naspers, Schibsted, Telenor, dan Singapore Press Holdings (SPH) diberitakan telah setuju untuk
mendirikan sebuah usaha bersama
yang berfokus pada pengembangan
platform iklan baris online di Brazil, Indonesia, Thailand, dan Bangladesh. Untuk diketahui bahwa OLX Indonesia kini berada di bawah naungan Naspers, sementara 701 Search adalah pemilik dari Berniaga. 701 Search sendiri adalah merupakan kerjasama usaha Schibsted, Telenor, dan SPH dengan kepemilikan yang sama.
Kesepakatan terbaru dari para pemilik usaha tersebut membuat Naspers memiliki 64% saham joint venture yang baru, sementara 701 Search mendapatkan "jatah" 36% sisanya. Meskipun demikian, berita ini masih menyisakan berbagai pertanyaan dan spekulasi. Diantaranya yaitu pertanyaan seputar nama brand yang akan digunakan setelah kedua website digabung atau akankah kedua brand tersebut tetap berjalan berdampingan?
Seperti dikutip dari Techinasia, pihak OLX Indonesia mengkomfirmasi bahwa kedua website tersebut akan melebur menjadi satu dengan nama “OLX” saja, yang saat ini proses tersebut masih menunggu persetujuan dari Komisi Eropa.
Dampak kemungkinan dari penggabungan dua raksasa iklan baris ini tentunya akan lebih baik kedepannya bagi masing-masing pengguna mereka selama ini. Efek positifnya adalah sudah pasti akan semakin banyaknya katalog barang yang tersedia di brand baru mereka nantinya, sehingga masyarakat tidak dipusingkan lagi dengan kata "memilih-milih" layanan iklan baris mana yang akan mereka gunakan seperti dulu.
Kita tunggu saja berita terbarunya...
Tidak ada komentar: