INOVASI INDUSTRI KAROSERI DALAM NEGERI
Keadaan ekonomi di sepanjang tahun 2014 memang kurang mengembirakan dibanding tahun sebelumnya. Situasi politik yang tidak menentu sangat berdampak pada seluruh pelaku ekonomi yang mengeluhkan terjadi penurunan daya beli. Memang tidak semua pelaku bisnis mengalami hal tersebut karena ada saja yang masih tetap berinovasi melalui kreatifitas yang dimiliki agar produk yang dihasilkan masih mampu dikonsumsi oleh masyarakat luas. Dari beragam bidang bisnis yang digeluti terutama banyak keunikan yang dimiliki industri karoseri kendaaraan atau body builder manufacture. Industri yang telah lama lahir sejak setengah abad yang lalu ini ternyata masih bisa bertahan di berbagai tantangan berat yang menghampiri sepanjang perjalanan bisnisnya yang berliku. Banyak sekali keunikan & kreatifitas yang dilakukan oleh industri karoseri untuk menjawab perilaku konsumen yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman.
1. FOOD TRUCK
Berawal dari mahalnya sewa ruang usaha di Mall, Ruko, atau pusat keramaian lainnya mendorong pebisnis kuliner melakukan terobosan dengan berjualan secara mobile di atas mobil atau truk yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Jika dihitung nilai ekonomisnya, ternyata berjualan mobile ala food truck yang sedang "booming" belakangan ini lebih banyak keuntungannya dibanding berjualan statis di sebuah ruang usaha, antara lain:
- Dapat menggunakan kendaraan baru maupun bekas yang masih layak jalan
- Biaya modifikasi kendaraan dapat disesuaikan dengan budget & kebutuhan
- Konsep mobile, dapat berpindah dari suatu tempat ke sebuah keramaian event yang sedang berlangsung.
- Berfungsi sebagai iklan berjalan saat berpindah spot ke titik keramaian lain.
- Harga makanan yang dijual lebih kompetitif karena biaya operasional rendah
- Keunikan bagian dari nilai tambah sebagai daya tarik pembeli.
Pingin coba makanan ala Meksiko, Loco Mama tempatnya
Bus Rumah Sosis sangat familiar jika kalian liburan ke Lembang- Bandung
Sering berpindah-pindah dengan menu utama adalah Sosis sesuai dengan namanya
2. DISTRO BUS
Bus Distro Airbus One
Ide membuat distro di dalam bus sebenarnya hanyalah sebuah ide kebetulan untuk memberikan nuansa berbeda berbelanja pakaian produksi sendiri. Entah mengapa, karena konsepnya unik & disukai oleh para remaja- target pasarnya, maka toko pakaian ini mendadak terkenal seantero Bandung tepatnya. Konon katanya ada kerjasama bagi hasil antara pemilik konveksi dengan pemilik bus Antar Kota ini untuk dapat mengoperasikan toko berjalan ini. Bus yang digunakan pun bukanlah bus baru melainkan bus bekas yang dimodifikasi agar sesuai dengan tema yang diusung toko ini.
Tak disangka oleh pemilik bus yang bekerja sama dengan pemilik konveksi ini sudah bisa pulang modal lebih cepat dari perkiraan analisis bisnis ini. Jadilah Airbus One ini sebagai Pioneer distro bus mobile pertama di Indonesia yang masih eksis hingga kini.
Interior bus layaknya toko baju sungguhan, ada kamar pas-nya juga
4. BUS CARGO
Beberapa perusahaan otobus (PO) yang memiliki jumlah armada sangat banyak, tentu sering dibuat pusing harus diapakan armada yang telah memasuki usia peremajaan, entah itu hanya peremajaan body saja ataupun peremajaan full body & chassis. Disaat situasi membingungkan menghampiri, selalu saja muncul ide brilian untuk memberdayakan lagi bus lawas menjadi bus cargo untuk menopang bisnis jasa ekspedisi yang sedang membutuhkan armada. Ide inilah yang pertama kali tercetus oleh ESL Express, anak usaha dari perusahaan induk Lorena Group untuk mendayagunakan bus bekas sebagai armada angkutan barang.
Ternyata ide menggunakan bus cargo memberikan banyak manfaat, diantaranya:
- Biaya investasi tiap unit kendaraan jauh lebih murah ketimbang harus membeli sebuah Truk baru.
- Daya angkut bus cargo nyaris menyamai Truk Wings Box.
- Disaat Arus Mudik menjelang Hari Raya Lebaran dimana Truk besar sudah dilarang melintasi Pantura, bus cargo bebas melenggang tanpa batasan waktu sehingga arus pengiriman barang pun menjadi lebih lancar tanpa kendala berarti.
Trio Bus Cargo; ESL Express, Rosalia Express, Pahala Express
4. PREMIUM LEISURE BUS
Bisnis angkutan transportasi darat mendapat angin segar dari bertambahnya jumlah penduduk yang meningkat pesat dari tahun ke tahun. Ditambah lagi pemerintah kota sedang gencar melakukan perbaikan infrastruktur jalan menjadi lebih baik tiap tahunnya juga dengan membuka jalan baru untuk memperlancar akses distribusi barang & jasa. Dampak yang ditimbulkan adalah masyarakat menjadi semakin "mobile" yang momen ini dimanfaatkan oleh dinas pariwisata terkait untuk meningkatkan jumlah wisatawan di daerahnya masing-masing.
Dahulu kala fungsi moda transportasi Bus Pariwisata hanya berperan fungsional hanya mengantarkan tamu/ tourist ke suatu obyek wisata. Tetapi sekarang kebutuhan masyarakat modern tidak cukup hanya sekedar aspek fungsional saja melainkan juga harus memenuhi kebutuhan emosionalnya berupa pengalaman dalam mengkonsumsi suatu produk. Perusahaan otobus yang bergerak di segmen Bus Pariwisata cukup jeli melihat peluang ini dengan meluncurkan produk Leisure Bus untuk segmen Premium/ High End. Aspek fungsional sebuah Bus Pariwisata untuk mengangkut banyak penumpang telah diminimalisasi dengan tambahan segudang Fasilitas In Bus Entertainment layaknya sebuah rumah sungguhan.
Siapa saja konsumennya? Tentu saja orang-orang yang ingin menikmati sebuah perjalanan dengan kesan mendalam bersama rekan seperjalanannya. Fasilitas yang tersedia untuk memanjakan penumpang bisa juga digunakan untuk keperluan bisnis bersama dengan klien dalam format suasana berbeda. Setali Tiga Uang dengan investasi yang digelontorkan untuk membangun bus ini bisa menelan biaya hingga 2 Milyar, tetapi kesan mendalam yang didapat serta pelayanan Premium dari perusahaan penyedia layanan ini membuat anda ketagihan untuk mencobanya kembali. Wanna Try?
5. MOTOR HOME
Serupa dengan Premium Leisure Bus, Motor Home juga mengakomodir fungsi yang sama hanya sifatnya lebih personal karena dimiliki oleh individu atau perorangan untuk keperluan pribadi saja. Di Amerika sendiri, Motor Home sangat digandrungi untuk tamasya berwawasan alam karena sifatnya yang praktis, dan fungsional bisa berpindah kemana saja. Berikut ini adalah contoh Motor Home kelas Medium Bus yang dikembangkan oleh perusahaan karoseri lokal TIGA (PT. TIGA INDO BUANA) yang bermarkas di Gunung Putri- Bogor.
Ciri khas semua produk karoseri TIGA hanya satu kata: Inovatif & Futuristik
Lanjut kita akan melihat proses pembuatan produk inovatif karoseri; Food Truck, Distro Bus, dan juga Premium Leisure Bus dari bahan dasar setengah jadi hingga produk jadi dengan standard kualitas tinggi.
1. CHASSIS
2. RANGKA BODY
3. FINISHING
Sentuhan akhir yang membuat semua mata berdecak kagum memuji sebuah karya seni
4. DELIVERY
Elegance LED Stop Lamp Super Jetbus2 favorite gw
Pesanan siap dikirim ke konsumen
Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat para pembaca setia. Ditunggu commentnya dari agan, bro & sis...
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA: TREN BUS BERLANTAI TINGGI :)
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA: TREN BUS BERLANTAI TINGGI :)
KUSTOMISASI KAROSERI
Reviewed by beuritberdasi
on
21.08
Rating:
Tidak ada komentar: