Tren Baru Bus Berlantai Super Tinggi

TREN BUS SUPER HIGH DECK & DOUBLE DECKER


     Dahulu kala bus tingkat diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kapasitas angkut maksimum untuk setiap rute yang dilalui khususnya di kota-kota besar yang sangat padat penduduknya dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Dengan mengedepankan aspek fungsionalitas, bus tingkat pernah berjaya di era 80-an saat era pembangunan di negeri Indonesia tercinta ini berkembang dengan sangat pesatnya. Seiring bergulirnya waktu, populasi bus tingkat semakin menghilang dari peredaran khususnya di kota-kota besar. Banyak spekulasi muncul ke permukaan karena mayoritas bus tingkat yang beredar di negeri ini buatan negeri Eropa yang sangat tinggi biaya perawatannya untuk operasional angkutan reguler bertarif murah. Terlebih lagi semasa kejayaannya tidak ada regenerasi ataupun peremajaan untuk bus tingkat yang telah beredar, alhasil nostalgia tempo dulu itu menjadi saksi bisu di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan sebagian lagi terparkir di sudut pusat perbelanjaan ibu kota mengakhiri masa dinasnya. 


Bus Tingkat Lawas VOLVO
 Nostalgia Tempo Doeloe Bus Tingkat Volvo menjelma menjadi distro di Blok-M Mall


     Cukup lama waktu berselang, tiba-tiba secara tidak sengaja euforia bus tingkat mendadak "happening" lagi dewasa ini. Sejak Pak Jokowi saat itu terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta yang mencetuskan ide Bus Tingkat Wisata Gratis dibawah kepemimpinannya yang kemudian dilanjutkan oleh penerusnya Pak Ahok sebagai Gubernur DKI untuk menggantikan pak Jokowi yang diangkat menjadi Pak Presiden RI. Dengan pendekatan berbeda dari konsep bus tingkat di zaman dahulu, bus tingkat wisata yang awalnya diimpor dari China ini hanya melayani kebutuhan City Tour para turis asing maupun warga negara Indonesia yang ingin mengenal perkembangan Jakarta lebih dekat lagi. Saat pak Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo juga sempat membuat terobosan Bus Tingkat Wisata Werkudara untuk melayani para wisatawan yang berkunjung ke daerah Solo. Tak mau ketinggalan, Bandung sebagai daerah lain yang berhawa sejuk ini pun juga mencoba unjuk gigi meluncurkan Bus Tingkat Wisata bernama Bandros alias Bandung Tour On The Bus. 

Bus Tingkat Wisata Werkudara SOLO
Werkudara- Bus Tingkat Wisata Asli kota Solo, Jawa Tengah


 Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta


Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Tahir Foundation


Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Coca Cola Indonesia



Bus Tingkat Wisata Bandros Bandung
 Bus Tingkat Wisata Bandros asal Bandung



Rute Bus Tingkat Wisata Bandros Bandung
 Rute Bus Tingkat Wisata Bandros yang beroperasi di Bandung
    

     Bus Tingkat Wisata jelas peruntukannya untuk menempuh jarak pendek berwisata keliling kota, lalu bagaimana jika bus tingkat dijadikan untuk menempuh rute jarak jauh? Hal tersebut mungkin saja karena beberapa pabrikan bus ternama di penjuru dunia sudah terlebih dahulu memikirkan kebutuhan manusia yang semakin dinamis dari masa ke masa. Karena pabrikan bus diluar sana sudah menangkap peluang bisa memasukkan bus jenis ini ke negeri tercinta Indonesia, maka para pengusaha bus pun menyambutnya dengan antusias. Mengapa harus disambut antusias? Karena persaingan di dunia bus malam sangat sengit, operator harus jeli memanfaatkan momentum untuk bisa memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang semakin dinamis. Maka tidak heran diajang pameran otomotif terbesar yang dimotori oleh GIIAS 2015 ini memunculkan segmen pasar baru untuk ceruk pasar bus tingkat mewah. Tentu keberhasilan ini juga tak lepas dari peran body builder atau karoseri yang menciptakan model-model menawan pada bodi bus yang dibangun diatas chassis pabrikan besar. 
     Berikut ini adalah beberapa contoh pabrikan bus di seluruh dunia yang ikut meramaikan pasar dengan memperkenalkan varian baru bus tingkat berstandard keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi: 
  • Mercedes Benz 
 Jetbus Double Decker karya karoseri Adiputro




Desain Sporty Luxury Paradise Double Decker inovasi karoseri New Armada




Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Alfamart


MB OC2542 RF Super High Deck Allumium Body Marissa Holiday Nusantara Gemilang


MB OC2542 RF Super High Deck Allumium Body Marissa Holiday karya Nusantara Gemilang


  • SCANIA 
Buritan Seksi Scania Nusantara Gemilang Po. Primadona
  • MAN 
MAN Maxi Miracle karoseri Nusantara Gemilang
    

    Kebutuhan manusia itu memang unik dan cenderung sering berubah-ubah. Sejatinya manusia modern dewasa ini lebih cenderung menuruti kebutuhan emosionalnya. Kebutuhan yang bersifat subjektif dibawah alam sadar yang sebetulnya dapat diintepretasikan ke dalam bentuk Real. Kebutuhan kaum urban modern juga dirasa spesifik dan harus unik, maka disaat Bus Tingkat Mewah baru diperkenalkan ke pasar disaat bersamaan pula pabrikan bus juga menyodorkan alternatif lain Bus Single Deck yang kental nuansa dan atmosfer Double Decker. Lalu apa sebetulnya "Postioning" yang ingin ditonjolkan oleh para pengusaha bus yang menyodorkan pilihan Mix Product berupa Bus Super High Deck? Berikut ini penjabarannya: 

  • Mengunggulkan View Luas
      Bus konvensional berlantai semi tinggi juga mendapatkan View Luas di tiap jendela untuk para penumpangnya. Jika ketinggian itu ditambah lagi menjadi Super High Deck, maka tingkat visualisasi pun menjadi lebih baik bagi untuk "value experience" para penggunanya.

Pemandangan Extra Luas dari kabin bus berlantai Super High Deck

  • Mengunggulkan Bagasi Super Luas
       Karena bus model ini berlantai sangat tinggi, otomatis banyak tercipta "ruang kosong" dibawah kabin penumpang yang tentu saja sangat bermanfaat untuk dioptimalkan menjadi bagasi yang super lapang. Bahkan 5 buah sepeda motor kategori bebek dan skutik dapat diangkut sekaligus ke dalam lambung bus yang bergenre Super High Deck ini. Impact lainnya tentu saja memberi Nilai Tambah bagi pengusaha bus untuk dapat membawa paket kiriman penumpang berukuran besar sekalipun, disinilah tercipta efektifitas dan efisiensi dalam hal mobilitas penumpang dan barang. 

 Bagasi Super Luas  Po. Primadona



Buritan Seksi Scania Super High Deck Po. Primadona karya Nusantara Gemilang

Scania K410iB Super High Deck Po. Satria Muda Adiputro New Setra Jetbus2 SHD
Scania K410iB Super High Deck Po. Satria Muda dalam balutan Adiputro New Setra Jetbus2 SHD



Desain menawan dengan ornamen pada kaca belah Jetbus Super High Deck

Beda Tipis ketinggian Jetbus Super High Deck dengan versi Double Decker



 Inspirasi selendang Setra lawas di produk baru New Setra Jetbus SHD



 Inovasi karoseri Rahayu Santosa pada model Jetliner versi Super High Deck



  Inovasi karoseri Rahayu Santosa pada model Jetliner versi Super High Deck



Cikal bakal Jetliner Super High Deck terinspirasi dari Jetliner lawas yang melegenda


Tomica No.42 Hato Bus
Bus Berlantai Super Tinggi yang beredar di Jepang dalam wujud diecast Tomica


Tomica No.101 Hino S'ELEGA
Bus Berlantai Super Tinggi yang beredar di Jepang dalam wujud diecast Tomica
Tren Baru Bus Berlantai Super Tinggi Tren Baru Bus Berlantai Super Tinggi Reviewed by beuritberdasi on 01.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.